Rabu, 05 Agustus 2015

Explore Gunung Kidul

Alhamdulillah disela-sela aktivitas yang padat, klinik tempatku bekerja masih mengenal hari libur nasional. Tepatnya tanggal 2 april - 4 april 2015 aku dan travelmate-ku  berangkat ke Gunung Kidul - Yogyakarta. Dengan persiapan yang matang jauh-jauh hari sebelumnya, kita berencana untuk explore gunung kidul dengan segala keindahannya. Gunung kidul menjadi pilihan kami setelah gagal trip ke karimunjawa akibat kehabisan tiket kapal -,- hmm sudah kudugaa ..
Sepulang kerja kita langsung otw ke garasi bus eka di taman sidoarjo, pengalaman kemarin-kemarin kita ga akan pernah dapet tiket bus kalo nunggu di terminal bungurasih pas high season. Jadi kita berangkat sore, magrib udah stand by di garasi bus eka. Alhamdulillah belum begitu rame, pengalama sebelumnya harus antri sampai 1KM an di garasi bus, padahal udah digarasi bus, gimana yang di terminal tuh. habis isya busnya cuss ke Jogja menuju giwangan, sampai di Jogja jam 3 an pagi, sambil nunggu subuh dan persewaan motornya nganterin motor ke terminal Giwangan. Sebelumnya kita udah booking itu motor, harganya rate 50-75rb, udah dapet motor beat, not badlah. Dari terminal kita langsung cuss ke gunung kidul, perjalanan sekitar 2 jaman. Kita langsung keliling-keliling gunung kidul dengan tujuan pertama Goa Pindul, wkwkwk mainstream banget tapi emang akunya pengen banget main air di sungai oya. Biaya rafting 35rb Goa Pindul, Sungai Oya 45rb, hati-hati aja disepanjang jalan menuju Goa Pindul banyak sekali sales marketing yang nawarin, jadi harus pinter2 milih dan nawar, recomen sih di tripgoapindul.com sama mas hendrik, lokasinya deket sama goa pindulnya. Kalo rame-rame bisa lebih murah.
Usai ke Goa Pindul, kita langsung cus ke Pantai-pantai yang berjajar sepanjang jalur Gunung kidul, pantai yang terdeteksi ada 69, belum yang tidak terdeteksi. Kerenlah GunungKidul, surganya pantai di Pulau Jawa. Tujuan pertama di Pantai Baron dan sekitarnya, jadi sistem tiket disini tiap pantai sudah ada pengelolanya, siap-siap duit yang banyak buat tiket sama parkiran yang rata-rata tiket per orang 10rb, parkir 2rb. Hmm.. mahal juga yaa .. tapi tiket segitu bisa untuk beberapa pantai, misal aja pantai baron, kukup, krakal, tiketnya 10rb itu sama parkir motor 2000x3 pantai. Pantai baron sudah terlalu ramai, udah jadi tempat wisata yang mainstream. Nggak senengnya tuh pas mau naik ke bukit buat liat view pantai baron dari atas bukit, eeh bayar lagi tiap org 2rb, penduduk pantai situ sih yang minta duit. Sempet kecewa tapi yasudahlah..
Di sepanjang jalan kita liatin papan penunjuk jalan sama modal peta hasil ngeprint sendiri, sinyal susah disana nggak bisa internetan. Provider paling oke kayanya sih telkomsel. seharian kita keliling-keliling ke pantai sundak, drini, indrayanti, sepanjang, jogan, slili, dll buat survey lokasi camp yang paling yahuudd.. sayangnya pantai pok tunggal ditutup buat umum karena lagi renov jalan. dan akhirnya pilihan jatuh di pantai wediombo, meskipun jaraknya paling jauh dari pantai-pantai lainnya tapi saya jamin ga bakalan nyesel udah jauh-jauh kesana buat diriin tenda. yaa meskipun listrik disana nggak 24 jam dan toiletnya pun nggak selalu available tapi gapapa lah yang suasananya itu loo romantis romantis mistis gituu.. hiii sereeem banget hahahaha.. tapi tenang aja banyak kok yang camp disana.. jadi ga terlalu mistis. Kebanyakan pantai di Gunungkidul bagusnya cuma buat liat sunset, itupun kalo cuaca bagus. Aku cuma dapet sunset di Pantai Indrayanti, lumayan rame yang hunting sunset. di pantai lainnya failed semua alias gagal sunset. Hari kedua nginep di pantai Drini, cukup ramai di pantai kalau malem, banyak yang camp, di Drini udah ada listrik jadi bisa ngecharge hp juga. Selain itu penjual makanan 24 jam, deket pasar ikan juga sih. Tapi suasana disini paling sosweet .. kebetulan malam itu pas ada gerhana bulan hehehe.. kalo pagi airnya agak surut jadi bisa main-main ke tengah laut.
Setelah dari Drini, kita wisata air terjun, salah satu air terjun yang famous banget ya air terjun sri getuk, sempet kecewa pas sampai sana ternyata mbah-mbah pun banyak yang kesana, my trip my adventurenya failed abissss :v wkwkwk .. tanpa ambil gambar satupun kita langsung cabuuttt.. hahahaa
Tujuan terakhir kita ke Gunung Api Purba Nglanggeran dan Embung Nglanggeran yang lokasinya sebelahan. karena ngejar sunset di Embung Nglanggeran, kita cuma sampai pos 1 aja di gunung api purba. Dan pada akhirnya sama-sama gagal sunset di embung nglanggeran. Hmm sudah kuduga cuacanya nggak dukung banget.. jangan lupa es dawetnya kalo ke gunung kidul, interaksi dengan warga lokal adalah hal yang menyenangkan. hehehhee... biarkan foto yang biacara yaa .. see you next trip :D